Saturday, March 24, 2012

Berapa Banyak Popok Kain yang Saya Butuhkan?

Hal pertama yang harus diketahui adalah pola mencuci anda. Apakah bunda akan mencuci tiap hari (sepertinya kalau ada ART ini bisa dilakukan) atau tiap dua hari sekali atau bahkan tiga hari sekali. Semakin lama jangka waktu mencuci bunda maka akan semakin banyak popok kain yang dibutuhkan.

Untuk newborn-sekitar 2 bulan atau ketika pupnya semakin jarang:
Sebenarnya untuk newborn yang pupnya bahkan lebih sering daripada pipisnya (pengalaman pribadi) lebih nyaman menggunakan popok tali. Tapi dari pengalaman pribadi juga, ketika penggunaan popok tali yang tidak mampu menyerap pipis ternyata juga bisa menimbulkan ruam popok dan tentu saja timbunan cucian dari mulai popoknya, alas ompolnya, bajunya, selimutnya atau bahkan kadang-kadang sampai spreinya. Saran saya gunakan prefold (cilipopo prefold) ketika pergi bisa gunakan cover (cluebebe coveria petite) sehingga tidak tembus air. Untuk prefold tetap harus diganti setiap pipis, tetapi karena bagian tengah lebih tebal jadi mampu menampung lebih banyak pipis. Kalau memilih menggunakan enphilia mini set atau cluebebe coveria petite/pocket petite atau Lil G tiap 4 jam harus ganti atau ketika pup harus segera diganti.
Kebutuhan: 20-24 diaper bisa dicombine prefold 12, cover 4, insert 4 ditambah pocket diaper 4

Untuk bayi 2 bulan sampai 1 tahun:
Untuk usia ini bayi sudah tidak terlalu sering pup, bahkan pupnya kadang sampai berhari-hari tidak pup. Usia ini juga bisa digunakan untuk research seberapa banyakkah pipis bayi dan seberapa seringkah pipis bayi. Penggunaan pocket diaper seperti CharlieBanana, FuzziBunz, Bee, Cluebebe Pocket Classic pun sudah tidak terlalu bulky. Kebutuhan juga tergantung pada pola pemakaian, apakah sepanjang hari akan terus pakai popok ataukah hanya saat bepergian dan malam hari. Menurut pengalaman pribadi, karena saya memakaikan popok hanya saat pergi maka saya lebih banyak menggunakan popok impor dengan 2 insert yang bisa bertahan dari anak mulai tidur (sekitar jam 9) sampai pagi (bangun sekitar jam 7). Inipun saya ketahui setelah saya teliti sendiri pola pipis Ghazi, ternyata ketika malam pipisnya tidak terlalu banyak, sehingga ketika tidur saya cek tiap 4 jam masih kering, pagi bangun tidur ternyata insert sudah basah kuyup, innernya masih kering, horray bye bye diapers rash. Hati-hati ketika popok tidak diganti padahal inner sudah basah bisa ruam popok. Untuk pergi saya mengandalkan popok lokal atau melihat sikon, ketika perginya agak lama ya kembali ke popok impor, harus disiplin mengganti tiap 4 jam, karena ketika siang pipisnya lebih banyak.
Kebutuhan: all are pocket diapers 14-16 popok (8 lokal, 8 impor)

Untuk Anak 1 tahun sampai potty training (toddler):
Usia ini anak sudah bisa diajari untuk mulai potty training. Kalau saya sebelum pergi pipis dulu, ditatur dulu, jadi popoknya semakin lama pemakaiannya. Tapi tetap tiap 4 jam dicek. Untuk malam saya masih mengandalkan popok impor dengan 2 insert.
Kebutuhan: 8-10 popok.

NB: ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan pola mencuci saya setiap hari. Kebutuhan bisa berbeda-beda tergantung pola mencuci dan pola pipis bayi. Jumlah itu saya ambil rata-ratanya.
Thanks n HTH.

1 comment: